Melukis Dengan Cahaya Botol (Fotografi)

Ada sebuah eksprimen kecil yang saya temukan saat berkemping bersama kawan-kawan di lhok Mata Ie Desa lampageu Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar. Berawal dari tatapan botol minuman mineral berisi air yang di letakkan di atas batu, agar lebih berkesan diberi cahaya dari bawah botol dengan menggunakan senter Handphone. Pantulan cahaya yang dihasilkan air dalam botol tersebut sangat berkesan hingga menjadi daya tarik untuk di foto. Dan beberapa jepretan berhasil di rekam dengan gaya motion slow.

Gambar terekam menggunakan tripod.

Gambar terekam menggunakan tripod.

Menggunakan Canon EOS 600D, gambar yang di hasilkan boleh dibilang lumayan bahkan saya menilai kamera ini sudah termasuk semi-profesional. Mungkin kamera ini satu level dengan D3200 milik Nikon. Untuk memotret malam hari biasanya wajib pakai tripod dengan tujuan menahan Shake (goyangan). Itulah alasannya setting kamera harus long-exposure karena memotret dalam keadaan minim cahaya.

Membuat foto light motion dengan objek botol  adalah salah satunya. Gambar harus terlihat tajam walau ada gerakan khusus yang dilakukan untuk mempercantik foto.

Menggunakan shutter speed  di bawah 30 detik (1/30) biasanya sangat rentan terhadap goyangan hingga membuat gambar hilang daya tarik.

Untuk gambar eksperimen ini saya menggunakan shutter speed 0,8 second agar lama bukaan rana cukup saat melakukan gerakan-gerakan khusus.  Seangkan bukaan diafragma berkisar antara f 4.0 sampai f 7.1 stop, untuk setting ISO 800, sudah cukup untuk meng-back up intentitas cahaya.

Gerakan dari kiri-ke kanan, seolah botol seperti melaju (bergerak).

Gerakan dari kiri-ke kanan, seolah botol seperti melaju (bergerak).

Menggerakkan kamera ke kiri saat shutter speed ditekan membuat gambar seolah objek bergerak. Cahaya yang dihasilkan sangat cocok jika background dalam keadaan gelap. Saat pengambilan objek harus lebih fokus dari pada objek selanjutnya. Jangan gunakan flash-internal maupun eksternal karena kerja kamera sangat terbatas jika ada  cahaya tambahan dari kamera.

Teknik Til down

Teknik Til down

Menggunakan teknik til up (dari bawah keatas) memiliki daya seolah botol seperti jatuh kedalam air. Padahal masih ditempat yang sama. Membiarkan objek lebih dominan ke kiri adalah solusi agar gambar terlihat elegan.

Zoom-in dan zoom-out

Zoom-in dan zoom-out

Teknik yang sering saya gunakan dalam fotografi adalah teknik zoom-in dan zoom –out. Alasan dari teknik ini adalah untuk menjadikan objek lebih menarik dan membuat para penikmat foto fokus pada objek tersebut. Namun ada sebagian para penikmat foto yang mengatakan bahwa gambar tersebut membuat pusing dilihat. Namun jika pencahayaan bagus dan komposisinya teratur bagi saya foto pasti memiliki daya tarik tersendiri

Dalam botol terlihat ada botol kecil, masih menggunakan teknik zoom-in dan zoom out.

Dalam botol terlihat ada botol kecil, masih menggunakan teknik zoom-in dan zoom out.

Bagi  yang hobi fotografi tak ada salahnya untuk mencoba, karena dengan mencoba sedikitnya kita tahu bahwa fotografi punya banyak konsep yang harus kita kembangkan dan temukan.saya sangat percaya dengan jam terbang, karena dengan sering-sering mengambil foto, banyak kekurangan dan kelebihan yang kita miliki dalam dunia fotografi untuk membuat terus belajar untuk mendekati sebuah kesempurnaan.Sekian!

FOTO DAN TEKS: MUHAMMAD IKBAL FANIKA

©2014_Ikbalfanika.wordpress.com

5 komentar di “Melukis Dengan Cahaya Botol (Fotografi)

Tinggalkan komentar